Bandung (29/09/2023), Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB bersama PT  Lembaga Karya Amvesindo (Amvesindo Institute) menggelar acara signing ceremony dalam hal kerjasama kolaborasi pengembangan bakat mahasiswa dalam bidang modal ventura. Visi besar dari kerjasama ini yaitu agar industri modal ventura Indonesia kedepan akan ideal & sehat karena akan dihuni sumber daya manusia yang berkompeten.

 

Lingkup kerjasama ini mencakup kolaborasi ekosistem kewirausahaan dengan program studi, mengundang dosen tamu praktisi dan tim pengajar pada mata kuliah Venture Capital Business untuk membagikan ilmu dan pengalaman langsung dari industri (best practices), pembentukan kelompok peminatan mahasiswa di bidang profesi Venture Capital (VC) dan bimbingan (mentorship) kepada mahasiswa untuk sertifikasi di bidang profesi VC.

 

Acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara SBM ITB dan Amvesindo Institute dilaksanakan secara langsung di ruang Amphitheater 1, Gedung Labtek XII lantai 2 Kampus MBA ITB Bandung. PKS ini ditandatangani oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB Prof. Jaka Sembiring, M.Eng. dan Ir. Rimawan Yasin, MM., Direktur Utama Amvesindo Institute. Acara ini dihadiri juga oleh Prof. Dr. Ir. Pulung Nur Prasetio, M.SME., (Dekan SBM ITB)  Dr. Dina Dellyana (Direktur The Greaterhub SBM ITB), Dr. G.N Sandhy Widyasthana, PMP (Waki Komisaris Utama Amvesindo Institute) dan Donald Wihardja, BSc., MSc (Wakil Ketua II Amvesindo) yang terpisah secara online.

 

Menurut Sandhy Widyasthana, kerjasama dengan SBM-ITB merupakan salah satu kesempatan emas untuk menabur benih ilmu & mengamankan bibit unggul untuk lahirnya venture capitalist yang berkompeten. Hal ini sejalan dengan belum adanya keprofesian mahasiswa di bidang investment/ venture capital. 

 

“Peluang untuk Amvesindo Institute memberikan lisensi atas skills set tersebut & memberikan nilai tambah untuk mahasiswa ketika memasuki pasca campus nantinya,” ucapnya.

 

Selain itu, menurut Dr. Dina, kerjasama ini dilakukan untuk membentuk ekosistem kewirausahaan SBM ITB. “Venture capital merupakan salah satu elemen penting dalam ekosistem ini dimana dapat membantu startup mendapatkan pendanaan dan akselerasi bisnisnya. Selain itu dengan adanya kerjasama ini mahasiswa SBM ITB dapat mempelajadi bisnis venture capital serta belajar untuk dapat menjadi bagian dari venture capital” pungkasnya.

 

Acara penandatanganan PKS ini dilangsungkan bersamaan dengan seminar hybrid yang   berjudul: “Managing Venture Capital Business Post Winter Era” dengan pembicara:

  1. Donald Wihardja, BSc., MSc, – Wakil Ketua II Amvesindo
  2. Dr. G.N Sandhy Widyasthana, PMP – Wakil Komisaris Utama Amvesindo Institute
  3. Ir. Rimawan Yasin, MM – Direktur Utama Amvesindo Institute

Bersama moderator Dr. Dina Dellyana (Direktur The Greaterhub SBM ITB).

Sekilas tentang Amvesindo Institute, yaitu suatu Perseroan Terbatas dengan nama PT Lembaga Karya Amvesindo, yang dibentuk dan didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia, berkedudukan di Jakarta beralamat kantor di Gowork Pacific Place Mall, Lantai 2, Jl. Jenderal Sudirman, Jl. SCBD No. 52-53, Kelurahan Senayan, Kec. Kebayoran Baru, Kota Adm. Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta. Amvesindo Institute merupakan unit usaha dari Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (Amvesindo), yang melaksanakan mandat kegiatan pendidikan bimbingan belajar & konseling swasta serta aktivitas konsultasi manajemen lainnya di bidang industri modal ventura.