Jakarta, 12/06/2023 — Rapat Umum Anggota (RUA) Asosiasi Modal Ventura untuk Start up Indonesia (AMVESINDO)  menyampaikan bahwa asosiasi optimis atas perkembangan industri modal ventura, yang menunjukan peningkatan aset sebesar 17,26%  pada Kuartal I tahun 2023 dibandingkan dengan Kuartal I tahun 2022. Dengan tujuan menciptakan industri modal ventura yang lebih kuat sehingga bermanfaat lebih baik bagi ekosistem startup, AMVESINDO juga meluncurkan AMVESINDO Institute, sebuah inisiatif strategis baru untuk penguatan sumber daya ekosistem modal ventura dan startups yang lebih baik di Indonesia dan menguatkan sinergi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai regulator dan Perusahaan Modal Ventura Daerah (PMVD).

Eddi Danusaputro, Ketua Umum AMVESINDO, mengatakan: “Tahun 2022 lalu ketika kepengurusan AMVESINDO baru dibentuk, kita melalui periode yang berbeda dan menantang, yaitu perubahan pasca pandemi, perang di Eropa yang berpengaruh pada rantai pasokan dunia dan harga, keuangan global, menurunnya investasi di Asia dan lay off di perusahaan teknologi. Namun, industri modal ventura tetap mencatatkan hal yang positif, dimana terdapat peningkatan aset sebesar 17,26% pada Kuartal I tahun 2023 dibandingkan dengan Kuartal I tahun 2022.”

“Baik modal ventura konvensional dan Syariah mencatatkan peningkatan total aset, dimana Kuartal I tahun 2022 tercatat total aset industri modal ventura sebesar 23,09 triliun Rupiah dengan 19,31 triliun Rupiah dari modal ventura konvensional dan 3,78 triliun Rupiah dari modal ventura Syariah. Jika kita bandingkan dengan tahun 2023, tercatat, total aset adalah 27,91 triliun Rupiah yang terdiri dari 23,42 triliun dari konvensional dan Rp 4,49 Triliun dari Syariah,” Eddi melanjutkan (grafik 1).

AMVESINDO meyakini bahwa peningkatan aset sebagai salah satu indikator pertumbuhan industri modal ventura adalah karena kerja keras, konsisten menjalankan corporate governance dan memenuhi regulasi yang dilakukan oleh Perusahaan Modal Ventura konvensional (PMV) di Jakarta, Perusahaan Modal Ventura Daerah (PMVD) dan Perusahaan Modal Ventura Syariah (PMVS).

Di tahun ke 7 AMVESINDO berdiri (pada 13 Mei 2016), AMVESINDO Institute didirikan sebagai strategi untuk memperkuat upaya asosiasi dalam meningkatkan ekosistem modal ventura dan startups. Program AMVESINDO Institute berfokus kepada meningkatkan kompetensi pengurus Perusahaan Modal Ventura (“PMV”) & Perusahaan Modal Ventura Syariah (“PMVS”) agar dapat selalu relevan dengan kebutuhan dan perkembangan pasar serta sebagai program pengembangan untuk mengasah keterampilan dan membangun pengalaman yang dapat menjadi pertimbangan kualifikasi sertifikasi kompetensi untuk bisnis modal ventura di masing-masing perusahaan.

AMVESINDO Institute yang didirikan dalam entitas PT Lembaga Karya AMVESINDO (“LKA”) sekaligus berperan sebagai usaha berorientasi pendapatan dan laba, serta dijalankan dibawah kepemimpinan para pengurus perusahaan modal ventura sekaligus pengurus AMVESINDO, yaitu Jefri Rudyanto Sirait, Sandhy Widyasthana, Edward Ismawan Chamdani, Rimawan Yasin MM dan Rachmat Faizal Nasution.

“AMVESINDO Institute didirikan untuk memberi kontribusi pada ekosistem melalui program edukasi dan sertifikasi, sekaligus memberi kontribusi finansial bagi asosiasi agar kami dapat beroperasi dengan lebih baik. Kami terbuka untuk bekerjasama dengan para perusahaan dalam model B to B,” Sandhy Widyasthana, Komisaris, AMVESINDO Institute menjelaskan.

“Melalui inisiatif dan usulan kami diatas, AMVESINDO akan semakin mengukuhkan perannya dalam terus meningkatkan peran industri modal ventura untuk ekosistem startups yang lebih baik, dan dapat memberi manfaat lebih baik untuk perekonomian Indonesia sebagai bagian dalam perekonomian di kawasan ASEAN serta ASIA dan global. Kami juga mengundang perusahaan non-modal ventura baik korporasi atau startups untuk bergabung bersama AMVESINDO,” Dennis Pratistha, Wakil Ketua I AMVESINDO, menutup.

—————————————————————————–

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan menghubungi:

Dian Noeh – Ketua Bidang Media dan Marketing, AMVESINDO dian.noeh@kvb.global

Orvin Hatmosroyo – Director, KVB Agency, bagian dari ekosistem KVB Creative & Communications Company orvin@kvb.global