Jakarta (11/10/2022), AMVESINDO diwakili Pak Dennis Pratistha (Ketua I) diundang dalam program Business Talk Kompas TV dengan topik “Was – Was, Peringatan Gelombang PHK”. Diskusi ini turut hadir juga Bapak Afriansyah Noor (Wamenaker), Bapak Adi Mahfudz (WKU Bid. Ketenagakerjaan Kadin Indonesia), Perwakilan dari BPJS Ketenagakerjaan dan Pak Cipta Wahyana (Senior Editor & GM Kontan).

Ditinjau dari dampak resesi global, ekonomi Indonesia berisiko melambat. Hal ini berdampak pada beberapa sektor, contohnya bisnis start-up Indonesia yang beberapa waktu terakhir sampai melakukan PHK dengan alasan untuk melakukan efisiensi. Alasan lain yaitu untuk beradaptasi dengan dinamisnya kondisi makro ekonomi yang memengaruhi industri, serta perlunya konsolidasi dan sinergi proses bisnis untuk memastikan keberlanjutan.

Selain itu, adanya pelemahan rupiah akan membuat biaya modal (capital expenditure) menjadi lebih mahal, padahal neracanya tertekan. Akibatnya perusahaan mengalami kontraksi, sehingga beberapa investor menunda investasinya, memilih menunggu investasi yang lebih baik ke depan. Hal ini pula yang menyebabkan startup harus lebih bijak dalam pengalokasian budget yang masih ada.

Staytune dan simak diskusi lengkap pada pranala link di bawah ini :

https://www.youtube.com/c/kompastv

#modalventura #startup #ojk #venturecapital