15 Jan 2022
9:00 am
Zoom Meeting

Agenda : AMVESINDO Workshop Series Batch II

Tanggal : Setiap Sabtu, (15 – 29 Januari 2022)

Waktu : 09.00 – 12.00 WIB

Perkembangan ekosistem startup Indonesia yang pesat menyebabkan adanya beberapa tantangan bagi para founder yang baru memulai startup-nya untuk mendapatkan sumber daya dan pengembangan startup. Namun, perkembangan startup lokal di Indonesia dalam awal tahap pengembangannya masih belum bersifat konsisten sehingga sebagian besar startup lokal mengalami kegagalan dan sebagian lainnya melakukan perubahan besar terhadap model bisnis yang telah dikembangkan.

Ditinjau dari fakta lapangan, masih banyak PMV di Indonesia yang belum sepenuhnya melakukan kegiatan usaha yang diharuskan POJK seperti penyertaan saham, namun lebih banyak ke pembiayaan usaha produktif untuk usaha pembiayaan mikro. Masalah ini menggambarkan bahwa praktisi PMV di Indonesia khususnya di daerah belum sepenuhnya memahami terkait Venture Deals yang ideal, karena kurang informasi terkait mekanisme right issue yang dapat diandalkan dan terkait informasi yang tepat tentang cara kerja proses kesepakatan modal ventura kepada pengusaha dan investor untuk mendapatkan capital gain.

Hal ini kami asumsikan, praktisi PMV dan startup belum memahami semua terkait karakteristik tahapan pendanaan, instrumen investasi PMV dan poin-poin penting dalam perjanjian investasi dan dampaknya terhadap strategi investasi. Oleh karena itu, AMVESINDO Institute memilih 3 topik webinar dalam Workshop Series Batch II ini yang meliputi landskap bisnis modal ventura dan kerangka penilaian peluang investasi; parameter evaluasi investasi dan valuasi; & struktur transaksi, aspek hukum dan regulasi yang perlu diperhatikan.

I. Landskap Bisnis Modal Ventura dan Kerangka Penilaian Peluang Investasi

Sabtu, 15 Januari 2022

Pembicara :

• Joshua Agusta – Director of Venture Funds Mandiri Capital Indonesia

• Andreas Ardhianto – Investment Professional OCBC NISP Ventura

Moderator :

• Dona Amelia

II. Parameter Evaluasi Investasi dan Valuasi

Sabtu, 22 Januari 2022

Pembicara :

• Chandra Aulia Goldie – Investment Manager Kejora Ventures

• Erik Hormein – Head of Investment BRI Ventures

Moderator :

• Dona Amelia

III. Struktur Transaksi, Aspek Hukum dan Regulasi yang Perlu Diperhatikan

Sabtu, 29 Januari 2022

Pembicara :

• Rita Meirina – Senior Associate Tumbuan & Partners

• Devyta Wijaya – Head of Legal, Compliance & Corporate Secretary at YCAB Ventures

Panelis :

• Richie Wirjan – Executive Vice President Kejora-SBI Orbit

Moderator :

• Az Zahra F. Sunandi