JAKARTA –  Asosiasi Modal Ventura dan Startup Indonesia (AMVESINDO) resmi menandatangani kerjasama dengan Asosiasi Layanan Urun Dana Indonesia (ALUDI) pada Kamis (28/10/2021). 

 

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Sekretaris Jenderal AMVESINDO sekaligus CEO Mandiri Capital Eddi Danusaputro, Heinrich Vincent selaku Wakil Ketua I ALUDI, James Wiyardi selaku Wakil Ketua II ALUDI,  serta perwakilan dari regulator yaitu Muhammad Maulana selaku Direktur Penilaian Keuangan Perusahaan Jasa Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

Menurut Sekretaris Jenderal AMVESINDO Eddi Danusaputro kerjasama ini dilakukan untuk meningkatkan kerjasama lintas sektor untuk memperkuat ekosistem industri UMKM dan Startup di Indonesia. Selain itu, dengan keterlibatan ALUDI meningkatkan peran sebagai pemodal institusi untuk melakukan Co-invest atau sebagai exit strategy bagi pemodal di industri Securities Crowdfunding. “Sebagai Venture Capital, kami melihat prospek industri Securities Crowdfunding potensial untuk dimanfaatkan sebagai salah satu sumber pendanaan yang bisa diakses oleh UMKM dan Startup di Indonesia”.

 

Senada dengan AMVESINDO, ALUDI juga melihat sinergi yang dibangun ini juga dapat memfasilitasi Perusahaan Modal Ventura agar dapat berkolaborasi sebagai pemodal untuk melakukan Co-invest dan mendapatkan akses dalam permodalan Securities Crowdfunding untuk membantu pendanaan UMKM dan Startup.

 

Menurut Wakil Ketua II ALUDI James Wiyardi melalui Securities Crowdfunding seluruh masyarakat Indonesia bisa ikut mendukung pendanaan UMKM dan Startup, terlebih dibantu oleh sinergi antara AMVESINDO dan ALUDI akan semakin membuka peluang pendanaan dari  Perusahaan Modal Ventura ke UMKM dan Startup di seluruh Indonesia. 

 

Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan dari regulator yang diwakili oleh Direktur Penilaian Keuangan Perusahaan Jasa OJK Muhammad Maulana. Menurut Muhammad, OJK mendukung penuh semua kegiatan sinergi antara AMVESINDO, dan ALUDI sesuai dengan regulasi yang berlaku. Dukungan ini juga sebagai bentuk upaya mendorong akselerasi bisnis UMKM dan Startup di Indonesia.

 

Langkah strategis ini sesuai dengan visi dan misi AMVESINDO dalam memperkuat ekosistem bisnis, yang digawangi oleh UMKM dan Startup di Indonesia. Sebagai pemodal, AMVESINDO turut merangkul berbagai institusi keuangan, dengan menggandeng perusahaan urun dana. Dengan adanya sinergi antar asosiasi semakin memperkuat serta mempercepat akselerasi bisnis UMKM dan Startup nasional.