02 Nov 2020
10:30 am
Online

Deskripsi

Fenomena pandemi sepanjang tahun 2020 telah mencatatkan berbagai dinamika pada kondisi perekonomian dan bisnis, tidak terkecuali startup. Pasalnya, pergeseran perilaku, prioritas, serta daya beli konsumen memberikan dampak yang signifikan terhadap perjalanan perusahaan rintisan tersebut. Di satu sisi, beberapa di antara mereka mengalami penurunan revenue bahkan tidak mampu bertahan. Namun di saat yang bersamaan, terdapat pula yang mengalami pertumbuhan seperti pada sektor logistik, kesehatan, e-commerce, dan layanan finansial teknologi untuk mendukung kebutuhan masyarakat. Dengan begitu, strategi adaptasi dan inovasi dari masing-masing startup menjadi menarik untuk ditelaah lebih lanjut.

Sebagai katalisator startup, Perusahaan Modal Ventura (PMV) lokal turut memiliki peran dan strategi masing-masing dalam menyalurkan pendanaan di tengah pandemi. Sejak Januari hingga Juli 2020, catatan aktivitas pendanaan tetap terjaga melalui penyaluran kepada 56 startup. Artinya, hadirnya PMV lokal berperan krusial untuk mendukung optimisme bisnis yang lebih baik, diiringi dengan strategi cermat dari kedua kolaborator dalam menciptakan peluang.

Untuk itu, Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (AMVESINDO) menghadirkan ruang diskusi bersama segenap stakeholders untuk menyajikan perspektif yang berimbang dari kacamata startup dan perusahaan modal ventura. Mereka akan menyampaikan pandangan terkait kilas balik kinerja, proyeksi pertumbuhan bisnis serta pendanaan untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Sesi ini akan diselenggarakan dalam bentuk Virtual dengan tema “Mengupas Dinamika dan Tren Pendanaan Startup 2020-2021

PEMBICARA

  1. Jefri R. Sirait – Ketua Umum AMVESINDO
  2. Nicko Widjaja – Dewan Kehormatan AMVESINDO
  3. Edward Ismawan Chamdani – Bendahara AMVESINDO
  4. Eddi Danusaputro – Sekjen AMVESINDO
  5. Andreas Surya – Wakil Sekjen AMVESINDO
  6. William Gozali – Wakil Ketua 1
  7. Tee Teddy Setiawan – CEO Cashlez
  8. Gregorius Bimantoro – Chairman Asosiasi Healthtech Indonesia
  9. Wiwin Dewi Herawati – Chief Marketing Officer SiCepat

 

MODERATOR

Andreas Surya – Wakil Sekjen AMVESINDO