JAKARTA — The Extreme Tech Challenge (XTC) Global Startup Competition kembali digelar pada tahun 2020 dan mengusung tema “mengatasi permasalahan global melalui teknologi dan inovasi terkini”.

XTC mengajak para perusahaan startup, khususnya di Indonesia untuk mengikuti kompetisi berskala global ini.

Extreme Tech Challenge (XTC) merupakan organisasi nirlaba yang ditujukan untuk mencari para pengusaha dan startup berikutnya yang bukan hanya menciptakan teknologi dan inovasi, tetapi yang dapat berdampak pada permasalahan masyarakat dunia yang kini dihadapi.

XTC mendukung dan menampilkan para inovator yang memanfaatkan kekuatan teknologi untuk mengatasi tantangan global yang di kategorikan dalam UN 17 SDG Goals (17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dari PBB).

Kompetisi startup global ini didukung oleh beberapa perusahaan ternama seperti Samsung, Cisco, Intel, Ford, Silicon Valley Bank, dan masih banyak lagi. Dari kompetisi ini, XTC berhasil menghasilkan jebolan pemenang startup kelas dunia seperti Lynq, Elevian, Doctor on Demand, Wanderu, Cresilon, dan Bloomlife.

Memasuki tahun ke-6, XTC kini hadir di Indonesia untuk mendukung ekosistem startup domestik. Dengan menunjuk Kejora Ventures sebagai partner lokal, XTC Indonesia 2020 diadakan untuk mengkurasi dan memilih startup yang dipercaya untuk menjadi perwakilan Indonesia dalam XTC Global Startup Competition di Paris bulan Juni 2020.

XTC Indonesia 2020 sendiri sudah membuka pendaftaran bagi startup yang ingin memperkenalkan inovasinya dalam menjawab tantangan XTC. Pendaftaran dibuka mulai dari November 2019 lalu dan batas akhir pendaftaran telah diperpanjang hingga 6 Maret 2020.

Dalam prosesnya, XTC Indonesia 2020 sendiri akan mengkurasi para peserta yang terdaftar dan akan dipilih 10 startup yang dianggap memiliki potensi besar dan sesuai dengan tema dan ketentuan XTC Global Startup Competition. Sepuluh (10) startup terpilih akan melakukan pitching secara langsung di depan para juri yang terdiri dari; Andy Zain, Founder & Managing Partner Kejora Ventures, Wesley Harjono, CEO Plug n Play Indonesia, Izak Jenie, Direktur Founder Institute, Edward Ismawan Chamdani, Managing Partner Ideosource VC, Wayah Surya Wiroto, Managing Director Endeavor Indonesia, dan Eddi Danusaputro, Managing Director Mandiri Capital. Dari 10 finalis, akan dipilih 3 startup pemenang yang akan menjadi wakil Indonesia dalam XTC Global Startup Competition.

Kejora Ventures, partner lokal XTC Global Startup Competition, mengatakan peran mereka dalam ajang kompetisi global bergengsi ini adalah dalam bentuk pengkurasian dan juga penilaian terhadap peserta. Tidak berhenti sampai disitu, Kejora Ventures sebagai perusahaan pendanaan ventura terkemuka di Asia Tenggara juga akan memberikan pembinaan terhadap startup terpilih.

Andy Zain, Founder dan Managing Partner Kejora Ventures mengatakan dalam siaran persnya, “Kejora Ventures berperan aktif dalam pengembangan ekosistem startup lokal dan regional, karena dengan adanya ekosistem yang kuat, akan semakin banyak perusahaan startup yang berkualitas dan bisa memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat. Melalui kerjasama dengan XTC, startup lokal Indonesia berkesempatan untuk maju ke panggung internasional dan bersaing dengan startup dari negara lainnya. Diharapkan dengan diadakannya kompetisi XTC Indonesia 2020 ini, kita bisa melihat startup dengan bibit potensial yang bisa mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional.”

Perkembangan startup di Indonesia sendiri terbilang cukup pesat. Hal ini juga diakui oleh salah satu juri XTC Indonesia 2020, Izak Jenie, Direktur Founder institute, yang dalam wawancaranya mengatakan, “…bukan tidak mungkin startup yang dilahirkan dan dikembangkan di Indonesia akan mendunia. Nyatanya, pada tahun 2019 negara kita masuk ke dalam 5 negara penyumbang startup terbesar di dunia. Sumber daya inovasi dan kreatifitas kita berkembang begitu pesat sehingga tidak menutup peluang kita untuk unjuk gigi dalam ajang kompetisi global seperti XTC ini.”

XTC Indonesia 2020 juga bekerjasama dengan salah satu penyedia coworking space (ruang kerja) terkemuka di Indonesia, UnionSPACE. Demo day XTC Indonesia 2020 yang jatuh pada tanggal 18 Maret 2020 akan dilaksanakan di UnionSPACE Satrio Tower Building lt. 16 Kuningan, Jakarta Selatan pada pukul 10.00 – 15.00 WIB dan acara ini terbuka untuk umum.

XTC Global Startup Competition sendiri menawarkan potensi investasi yang bisa didapatkan 10 finalis global terbaik. Para finalis nantinya bisa mengajukan proposal mereka dan melakukan pitching dengan panelis perusahaan modal ventura yang menawarkan potensi investasi hingga USD 10,000,000 dalam pembiayaan ekuitas. 10 finalis global terbaik akan diumumkan pada April 2020, sementara 3 pemenang kompetisi startup bergengsi pada taraf global ini akan diumumkan pada VivaTech 2020 di Paris, Perancis.

Sumber: Bisnis.com