Kompetisi Extreme Tech Challenge (XTC) Global Startup kembali digelar pada tahun 2020 ini. Kompetisi yang memasuki tahun ke-6 ini, mengajak para startup di Indonesia untuk bersaing mendapatkan potensi modal sebesar 10 juta dolar AS atau setara Rp 142 miliar.

XTC sendiri adalah organisasi nirlaba yang memiliki tujuan mencari para pengusaha dan startup yang bukan hanya menciptakan teknologi dan inovasi saja, tetapi berdampak pada permasalahan sosial. XTC juga mendukung pemanfaatan kekuatan teknologi untuk mengatasi tantangan global dalam UN 17 SDG Goals (17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dari PBB).

Tema kompetisi yang digelar XTC kali ini, adalah mengatasi permasalahan global melalui teknologi dan inovasi terkini. Pendaftaran peserta sudah dibuka sejak November 2019 lalu, hingga 6 Maret 2020. Calon peserta bisa melakukan pendaftaran di situs bit.ly/xtc2020jakarta.

XTC menunjuk Kejora Ventures sebagai partner lokal untuk mengkurasi dan memilih para pemenang startup. Andy Zain, Founder dan Managing Partner Kejora Ventures, mengatakan peran mereka tidak hanya sampai mengkurasi dan memilih pemenang, tetapi juga memberikan pembinaan terhadap startup terpilih.

“Kejora Ventures berperan aktif dalam pengembangan ekosistem startup lokal dan regional, karena dengan adanya ekosistem yang kuat, akan semakin banyak perusahaan startup yang berkualitas dan bisa memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat. Diharapkan dengan diadakannya kompetisi XTC Indonesia 2020 ini, kita bisa melihat startup dengan bibit potensial yang bisa mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional,” jelasnya.

Dalam proses kompetisi, setelah penutupan pendaftaran, XTC Indonesia 2020 akan mengkurasi para peserta yang terdaftar dan memilih 10 startup yang dianggap memiliki potensi besar dan sesuai dengan tema dan ketentuan kompetisi pada 18 Maret. Di hari yang sama, dari 10 finalis, akan dipilih 3 startup pemenang yang akan menjadi wakil Indonesia dalam XTC Global Startup Competition di Paris pada Juni mendatang.

10 startup terpilih akan melakukan pitching secara langsung di depan para juri yang terdiri dari; Founder & Managing Partner Kejora Ventures Andy Zain, CEO Plug n Play Indonesia Wesley Harjono, Direktur Founder Institute Izak Jenie, Managing Partner Ideosource VC Edward Chamdani, Managing Director Endeavor Indonesia Wayah Surya Wiroto, dan Managing Director Mandiri Capital Eddi Danusaputro.

Kompetisi startup global ini didukung oleh beberapa perusahaan ternama seperti Samsung, Cisco, Intel, Ford, Silicon Valley Bank, dan masih banyak lagi. Dari kompetisi ini, XTC berhasil menghasilkan jebolan pemenang startup kelas dunia seperti Lynq, Elevian, Doctor on Demand, Wanderu, Cresilon, dan Bloomlife.

Para startup finalis global terbaik akan diumumkan pada April 2020, sementara 3 pemenang kompetisi startup bergengsi pada taraf global ini akan diumumkan pada VivaTech 2020 di Paris, Prancis. Para finalis global nantinya bisa mengajukan proposal mereka dan melakukan pitching dengan panelis perusahaan modal ventura yang menawarkan potensi investasi hingga 10 juta dolar AS dalam pembiayaan ekuitas.

XTC Indonesia 2020 juga bekerjasama dengan UnionSPACE untuk menyelenggarakan Demo day yang dibuka untuk umum pada 18 Maret 2020 di UnionSPACE Satrio Tower Building lt. 16 Kuningan, Jakarta Selatan pada pukul 10.00 – 15.00 WIB.

Sumber: Kumparan.com