YOUNGSTER.id – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (AMVESINDO) menggelar Creative Innovation Award 2017 untuk pertama kalinya.

Sinergi antara Bekraf dan Amvesindo merupakan wujud dukungan dan komitmen instansi pemerintah dan asosiasi untuk terus mendorong pertumbuhan UMKM dan Startup agar berinovasi secara kontinu.

“Bekraf mendukung acara ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap kontribusi pelaku usaha ekonomi kreatif (ekraf) UMKM maupun startup. Dengan penghargaan ini diharapkan para pelaku UMKM kreatif serta startup lebih termotivasi mengembangkan bisnis dan menjadi penunjang perekonomian nasional,” ungkap Fadjar Hutomo Deputi Akses Permodalan Bekraf, di Selasa (28/11/2017) Hotel Borobudur Jakarta.

Menurut Fadjar, survei khusus ekonomi kreatif oleh BPS tahun 2016 menunjukkan kontribusi ekraf tahun 2015 sebesar 7,38% dengan ekspor produk kreatif sebesar 19,36 Miliar USD dan penyerapan tenaga kerja 15,9 juta orang.

Ajang bertema “Inovasi dan Kreativitas: Kunci Sukses dalam Mendapatkan Akses Permodalan” ini merupakan bentuk penghargaan bagi para pelaku usaha yang berhasil menjalankan inovasi dan kreativitas melalui pendampingan dari Perusahaan Modal Ventura (PMV). Apresiasi ini juga diberikan bagi pengusaha rintisan (startup) yang berhasil memberikan dampak positif secara langsung kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui inovasinya.

Menurut data Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) dan Bank Indonesia, setidaknya terdapat 56,64 juta UMKM pada tahun 2015 dan mengalami peningkatan sebesar 3.1% berdasarkan data Kementrian Koperasi dan UMKM. Jumlah UMKM yang besar tentunya memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi di tanah air.

Di sisi lain, terdapat kecenderungan daya beli yang menurun di beberapa sektor hal ini merupakan indikasi yang harus diantisipasi oleh pelaku usaha untuk dapat bertahan dan sustainable dengan terus memberikan inovasi kepada konsumen.

Ketua Amvesindo, Jefri R Sirait (Astra Ventura) mengatakan, ajang kompetisi inovasi ini ditujukan bagi lebih dari 1,5 juta pasangan usaha dan startup untuk terus berprestasi sehingga berhasil meningkatkan kelas (phase) ataupun series mereka.

“Persoalan modal masih menjadi suatu kendala bagi pelaku UMKM dan startup untuk berkreasi dan berinovasi. Melalui Creative Innovation Award ini, Bekraf dan Amvesindo ingin menggaungkan peran PMV sehingga pelaku usaha tidak terhambat dalam mengembangkan inovasi dan kreativitas,” ungkapnya.

Kompetisi ini diikuti oleh pasangan usaha dan startup yang memiliki hasil inovasi terbaik selama dalam masa pembinaan oleh PMV (Modal Ventura) yang telah tergabung menjadi anggota Amvesindo. Selain itu, Creative Innovation Award 2017 mengundang beberapa juri diantaranya, Rudy Salahudin (Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian), Arie Munandar (Otoritas Jasa Keuangan), Herwanto Sidiq Prabowo (Bekraf), Agus Wicaksono (Bahana Artha Ventura), Eddi Danusaputro (Mandiri Capital Indonesia), Ubaydilah (Astra Ventura) dan Edward Camdhani (Ideosource).

“Creative Innovation Award 2017 akan melakukan penjurian dalam tiga kategori dan satu kategori khusus, tiga diantaranya adalah kategori Startup Digital Terbaik, Pasangan Usaha Productive Loan / Financing Terbaik, dan Pasangan Usaha Penyertaan Saham & Obligasi Konversi Terbaik. Akan ada juga kategori khusus untuk PMV atau Venture Capital Technology yang telah mendampingi dan berperan bagi PU/Startup dalam berkreasi dan berinovasi” ujar Eddi Danusaputro.

Menurut dia, perpaduan juri yang terdiri dari perusahaan swasta dan Badan Usaha Milik Negara serta instansi pemerintah diharapkan dapat memberikan penilaian yang obyektif atas inovasi dan kreativitas yang dilakukan oleh para finalis.

“Kami harap setelah kompetisi ini, para pasangan usaha, UMKM dan startup akan semakin gigih untuk berinovasi dan berkreasi sehingga dapat meningkatkan daya saing di pasar global, serta menjadi daya tarik bagi investor” tutup Eddi.

Sumber Referensi :

FAHRUL ANWAR

source: https://youngster.id/featured/bekraf-dan-amvesindo-gelar-kompetisi-creative-innovation-award-2017