Jakarta – Guna membangun industri modal ventura yang kuat serta mendukung terciptanya ekosistem yang kondusif bagi startup di Indonesia, Asosiasi Modal Ventura Indonesia untuk Startup Indonesia (Amvesindo) menyelenggarakan Amvesindo Demo Day 2017 yang bertujuan untuk mengembangkan industri tersebut.

Ketua Amvesindo Jefri R Sirait mengatakan, berdasarkan Lembaga riset Center for Human Genetic Research (CHGR), memproyeksi jumlah startup di Indonesia mencapai 6,5 kali lipat atau sekitar 13.000 startup di 2020. Setidaknya pada 2016 telah ada kurang lebih 2.000 startup, dan menempatkan Indonesia dengan negara dengan jumlah startup tertinggi di Asia Tenggara.

Oleh karena itu, kata dia, melalui Amvesindo Demo Day 2017, pihaknya ingin berkontribusi penuh secara signifikan dalam pertumbuhan startup untuk membangun perekonomian Indonesia. Dalam
Amvesindo Demo Day 2017 ini, lebih dari 100 peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam proses seleksi tersebut, kurang lebih 100 peserta melakukan presentasi di depan dewan juri dari perwakilan modal ventura anggota Amvesindo. Adapun salah satu syarat peserta dalam Amvesindo Demo Day 2017, peserta startup sudah memilki Minimum Viable Product (MVP).

Di dalam acara Amvesindo Demo Day 2017 ini mempertemukan peserta pelaku startup dengan investor, inkubator, media, regulator, asosiasi industri dan juga dari kalangan akademis. Dengan demikian, diharapkan para startup dapat membangun komunikasi dan menjadi wadah kerjasama yang saling menguntungkan untuk semua stakeholde.

“Kami berupaya agar kami dapat menyelenggarakan Demo Day secara berkesinambungan dari tahun ke tahun agar para startup dapat membangun komunikasi dan kami menjadi wadah kerjasama yang saling menguntungkan untuk semua stakeholde,” ucapnya.

Dalam acara ini, antusiasme peserta cukup tingggi. Leads yang diterima kurang lebih 5000-an dari seluruh Indonesia, dan yang berhasil melakukan registrasi hingga ke proses seleksi online berkisar 100 pendaftar. Selain dari Jakarta, pendaftar juga hadir dari berbagai kota seperti Yogyakarta, Medan, Aceh, Surabaya, dan Bandung.

Dari 100 peserta tersebut pihaknya melakukan seleksi melalui pitch presentation dan didapatkan 8 startup yang akan melakukan public pitch. Startup yang telah lolos bergerak di berbagai bidang, antara lain Shipper, Excellence Asia, HomeGood, Billie, Check Medis Online, EVA Rumah Sinau, serta GoCampus.

“Kami sangat senang dapat menjadi wadah bagi teman-teman yang berkarya & berinovasi untuk bangsa, semoga ke depannya Amvesindo dapat terus memberikan kontribusi positif untuk startup Indonesia,” tutupnya. (*)

Sumber Referensi : https://infobanknews.com/kembangkan-startup-amvesindo-demo-day-digelar/