Jakarta, 19 November 2018 – Seminar Equity Participation: Strategy & Effective Execution Dan Healthtech Startup Company Valuation telah berhasil dilaksanakan di Plug And Play Indonesia. Acara ini terlahir berkat kerjasama AMVESINDO, Plug And Pkay Indonesia dan healthtech.id. Sesi satu adalah Equity Participation: Strategy & Effective Execution yang dibawakan oleh Edward Chamdani dan sesi kedua adalah Healthtech Startup Company Valuation yang dibawakan oleh Andreas Surya.

 

Sesi satu adalah mengenai Equity Participation terhadap start up yang dinilai dari beberapa factor seperti:

 

  1. Funding Readiness; kesiapan suatu start up/ Perusahaan Pasangan Usaha (PPU) untuk mendapatkan investasi dari Investor seperti potensi ide tersebut, struktur perusahaan apakah sudah siap, market size, competitive advantage, skill dan diversity team, kesiapan produk, kesehatan finansial, business model, investability, exit strategy dan compliance.

 

  1. Struktur Funding; idealnya struktur funding VC adalah Venture Fund/Dana Ventura yaitu dengan menggunakan struktur General Partner/Limited Partner. General Partner adalah VC yang akan mengelola dana di Venture Fund. Limited Partner adalah para investor yang berminat menginvestasikan uang mereka di Venture Fund.

 

  1. Exit Strategy; Exit Startegy adalah suatu langkah dimana para investor melakukan likuidasi saham mereka di start up/PPU. Idealnya exit strategy adalah ketika Initial Public Offering (IPO) namun dengan berkembangnya industri finansial di Indonesia akan ada juga opsi melalui Equity Crowdfunding yang peraturannya akan segera diresmikan oleh OJK.

 

Sesi kedua adalah mengenai Healthtech Startup Valuation. Healthcare landscape di Indonesia seharusnya bisa menjadi sangat besar dikarenakan dengan market Indonesia yang cukup besar. Kendala yang dihadapi oleh healttech di Indonesia saat ini adalah regulasi seperti kerahasiaan data konsumen dan juga consumer behaviour di Indonesia.

 

Penulis: Muhammad Luthfi – Executive Secretary  

BERITA TERBARU
September 17, 2018
September 19, 2017
August 23, 2017