Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Persoalan modal masih menjadi suatu kendala bagi pelaku UMKM dan startup untuk berkreasi dan berinovasi. Melalui Creative Innovation Award 2017, Bekraf dan Amvesindo ingin menggaungkan peran Perusahaan Modal Ventura (PMV) sehingga pelaku usaha tidak terhambat dalam mengembangkan inovasi dan kreativitas.

Berbeda dengan bank, PMV dapat memberikan pendampingan yang memberikan kontribusi untuk pelaku usaha. Hal ini sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 35 Tahun 2015, dalam melakukan kegiatan usaha, PMV dapat disertai dengan melakukan pendampingan bagi para pasangan usaha atau debitur.

"Kami berterima kasih kepada Bekraf selaku penggerak ekonomi kreatif nasional, bekerja bersama-sama mewujudkan Creative & Innovation Award 2017. Semoga acara ini menjadi kegiatan yang berkelanjutan. Memberikan apresiasi serta dukungan bagi UMKM/startupbinaan anggota kami yang kreatif dan inovatif adalah salah satu tugas kami, Amvesindo sebagai wadah PMV & VC. Peran dan dukungan dari Bekraf sebagai salah satu pemangku kepentingan akan memberikan energi positif yang memotivasi teman-teman pelaku industri untuk memberikan karya yang lebih baik," papar ketua pelaksana Creative Innovation Award 2017 Abdur Rohim dalam acara Creative Innovation Award 2017 bertema "Inovasi dan Kreativitas: Kunci Sukses dalam Mendapatkan Akses Permodalan" di Hotel Borobudur Jakarta hari ini (28/11/2017).

Kompetisi ini diikuti oleh pasangan usaha dan startup yang memiliki hasil inovasi terbaik selama dalam masa pembinaan oleh PMV yang telah tergabung menjadi anggota Amvesindo. Selain itu, Creative Innovation Award 2017 mengundang beberapa juri di antaranya Rudy Salahudin (Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian), Arie Munandar (Otoritas Jasa Keuangan), Herwanto Sidiq Prabowo (Bekraf), Agus Wicaksono (Bahana Artha Ventura), Eddi Danusaputro (Mandiri Capital Indonesia), Ubaydilah (Astra Ventura), dan Edward Camdhani (Ideosource). Perpaduan juri yang terdiri dari perusahaan swasta dan BUMN serta instansi pemerintah diharapkan dapat memberikan penilaian yang objektif atas inovasi dan kreativitas yang dilakukan oleh para finalis.

"Creative Innovation Award 2017 akan melakukan penjurian dalam tiga kategori dan satu kategori khusus, tiga di antaranya adalah kategori Startup Digital Terbaik, Pasangan Usaha Productive Loan/Financing Terbaik, dan Pasangan Usaha Penyertaan Saham dan Obligasi Konversi Terbaik. Akan ada juga kategori khusus untuk PMV atau Venture Capital Technology yang telah mendampingi dan berperan bagi PU/Startup dalam berkreasi dan berinovasi," ujar Eddi Danusaputro selaku salah satu juri.

Eddi juga berharap setelah kompetisi ini, para pasangan usaha, UMKM dan startup akan semakin gigih untuk berinovasi dan berkreasi sehingga dapat meningkatkan daya saing di pasar global serta menjadi daya tarik bagi investor.

Kerja sama antara Bekraf dan Amvesindo dalam menyelenggarakan Creative Innovation Award 2017 diharapkan dapat menjadi suatu kegiatan yang berkelanjutan untuk dapat melahirkan berbagai kolaborasi yang membangun dan mengakselerasi pertumbuhan ekosistem bisnis terutama dalam bidang ekonomi kreatif yang sehat dan berkesinambungan. 

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Fauziah Nurul Hidayah
Foto: Ning Rahayu

 

source: https://id.investing.com/news/economy-news/bekraf-dan-amvesindo-gaungkan-peran-pmv-bagi-umkm-dan-startup-370507

BERITA TERBARU
August 23, 2017
September 19, 2017
November 29, 2017