Jakarta, 28/11/2017 – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mendukung Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (AMVESINDO) menggelarCreative Innovation Award 2017 untuk pertama kalinya. Acara ini adalah penghargaan untuk para pelaku usaha yang berhasil menjalankan inovasi dan kreativitas melalui pendampingan dari Perusahaan Modal Ventura (PMV) maupun bagi pengusaha rintisan (startup) yang berhasil memberikan dampak positif secara langsung kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui inovasinya. Creative Innovation Award 2017 bertema “Inovasi dan Kreativitas: Kunci Sukses dalam Mendapatkan Akses Permodalan”, diselenggarakan di Hotel Borobudur Jakarta hari ini (28/11).

Menurut Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) dan Bank Indonesia, setidaknya terdapat 56,64 juta UMKM pada tahun 2015 dan mengalami peningkatan sebesar 3.1% berdasarkan data Kementrian Koperasi dan UMKM. Jumlah UMKM yang besar tentunya memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi di tanah air.

Di sisi lain, terdapat kecenderungan daya beli yang menurun di beberapa sektor hal ini merupakan indikasi yang harus diantisipasi oleh pelaku usaha untuk dapat bertahan dan sustainable dengan terus memberikan inovasi kepada konsumen. Adalah Ketua Amvesindo, Jefri R Sirait (Astra Ventura) yang menginisiasi acara ini sebagai ajang kompetisi inovasi yang berkelanjutan bagi lebih dari 1,5 juta pasangan usaha dan Startup untuk terus berprestasi sehingga berhasil meningkatkan kelas (phase) ataupun series mereka.

Sinergi antara Bekraf dan Amvesindo merupakan wujud dukungan dan komitmen instansi pemerintah dan asosiasi untuk terus mendorong pertumbuhan UMKM dan Startup agar berinovasi secara kontinu.

“Bekraf mendukung acara ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap kontribusi pelaku usaha ekonomi kreatif (ekraf) UMKM maupun startup. Survei khusus ekonomi kreatif oleh BPS tahun 2016 menunjukkan kontribusi ekraf tahun 2015 sebesar 7,38% dengan ekspor produk kreatif sebesar 19,36 Miliar USD dan penyerapan tenaga kerja 15,9 juta orang. Dengan penghargaan ini diharapkan para pelaku UMKM kreatif serta startup lebih termotivasi mengembangkan bisnis dan menjadi penunjang perekonomian nasional,” ungkap Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo.

Creative Innovation Award 2017 dibuka oleh Ketua Pelaksana dan Ketua Kompartemen PMVD AMVESINDO, Energy. Deputi Riset, Edukasi, dan Pengembangan Bekraf, Abdur Rohim Boy Berawi, memberikan sambutan pada acara ini. Keynote speakers yang diundang yaitu Deputi Menteri PPN/ Kepala Bappenas Bidang Ekonomi, Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM, dan Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal-BKPM.

Pada talkshow “Inovasi dan Kreativitas: Kunci Sukses dalam Mendapatkan Akses Permodalan”, hadir juga Wakil Kepala Bekraf, Ricky Joseph Pesik; Ketua Komite Tetap Modal Ventura Kamar Dagang dan Industri (KADIN), Uriep Budhi Prasetyo; Founder Pusat Data Bisnis Indonesia, Christianto Wibisono; Co-founder i-grow, Jim Iklahoma; Founder Rocket Pizza, Doddy Hidayat sebagai narasumber dengan David Manalu sebagai moderator.

Peran Penting Perusahaan Modal Ventura

Persoalan modal masih menjadi suatu kendala bagi pelaku UMKM dan startup untuk berkreasi dan berinovasi. Melalui Creative Innovation Award ini, Bekraf dan Amvesindo ingin menggaungkan peran PMV sehingga pelaku usaha tidak terhambat dalam mengembangkan inovasi dan kreativitas. Selain itu, berbeda dengan bank, PMV dapat memberikan pendampingan yang memberikan kontribusi untuk pelaku usaha hal ini sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 35 Tahun 2015, dalam melakukan kegiatan usaha, PMV dapat disertai dengan melakukan pendampingan bagi para pasangan usaha atau debitur.

Dengan terlaksanakannya kegiatan ini, Energy selaku ketua pelaksana Creative Innovation Award 2017 menambahkan, “Kami berterima kasih kepada Bekraf selaku penggerak ekonomi kreatif nasional, bekerja bersama-sama mewujudkan Creative & Innovation Award 2017, semoga acara ini menjadi kegiatan yang berkelanjutan. Memberikan apresiasi serta dukungan bagi UMKM/Startup binaan anggota kami yang kreatif dan inovatif adalah salah satu tugas kami, AMVESINDO sebagai wadah PMV & VC. Peran dan dukungan dari Bekraf sebagai salah satu pemangku kepentingan akan memberikan energi positif yang memotivasi teman-teman pelaku industri untuk memberikan karya yang lebih baik”.

 

Kompetisi ini diikuti oleh pasangan usaha dan startup yang memiliki hasil inovasi terbaik selama dalam masa pembinaan oleh PMV (Modal Ventura) yang telah tergabung menjadi anggota Amvesindo. Selain itu, Creative Innovation Award 2017 mengundang beberapa juri diantaranya, Rudy Salahudin (Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian), Arie Munandar (Otoritas Jasa Keuangan), Herwanto Sidiq Prabowo (Bekraf), Agus Wicaksono (Bahana Artha Ventura), Eddi  Danusaputro (Mandiri Capital Indonesia), Ubaydilah (Astra Ventura) dan Edward Camdhani (Ideosource). Perpaduan juri yang terdiri dari perusahaan swasta dan Badan Usaha Milik Negara serta instansi pemerintah diharapkan dapat memberikan penilaian yang obyektif atas inovasi dan kreativitas yang dilakukan oleh para finalis.

Creative Innovation Award 2017 akan melakukan penjurian dalam tiga kategori dan satu kategori khusus, tiga diantaranya adalah kategori Startup Digital Terbaik, Pasangan Usaha Productive Loan / Financing Terbaik, dan Pasangan Usaha Penyertaan Saham & Obligasi Konversi Terbaik. Akan ada juga kategori khusus untuk PMV atau Venture Capital Technology yang telah mendampingi dan berperan bagi PU/Startup dalam berkreasi dan berinovasi” ujar Eddi Danusaputro selaku salah satu juri.  “Kami harap setelah kompetisi ini, para pasangan usaha, UMKM dan startup akan semakin gigih untuk berinovasi dan berkreasi sehingga dapat meningkatkan daya saing di pasar global, serta menjadi daya tarik bagi investor” tutup Eddi.

Kerjasama antara Bekraf dan Amvesindo dalam menyelenggarakan Creative Innovation Award 2017 diharapkan dapat menjadi suatu kegiatan yang berkelanjutan untuk dapat melahirkan berbagai kolaborasi yang membangun dan mengakselerasi pertumbuhan ekosistem bisnis terutama dalam bidang ekonomi kreatif yang sehat dan berkesinambungan. (ca/mm)

***

Siaran Pers Bekraf Nomor: 247/SP/BHKP/BEKRAF/XI/2017

Tentang Bekraf

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) adalah lembaga pemerintah nonkementerian yang bertanggung jawab di bidang ekonomi kreatif. Saat ini, Kepala Bekraf dijabat oleh Triawan Munaf.

Bekraf mempunyai tugas membantu Presiden RI dalam merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan ekonomi kreatif di bidang aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film animasi dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, dan televisi dan radio.

Kontak Media:

Mariaman Purba

Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik

Badan Ekonomi Kreatif Indonesia

T: +62 813 1750 6456

Email: mariaman.purba@bekraf.go.id

Website: http://www.bekraf.go.id/

Twitter: @BekrafID

 

Tentang Amvesindo (Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia):

Berdiri sejak 13 Mei 2016, Amvesindo adalah Asosiasi Modal Ventura Untuk Startup yang terdiri dari perusahaan modal ventura untuk startup di bidang teknologi maupun di bidang kreatif. Amvesindo memiliki visi bersama dalam membangun industri modal ventura yang kuat serta mendukung terciptanya ekosistem yang kondusif bagi startup di Indonesia.

Press Contact:

Carissa Pranaya

Corporate Communications

E: carissa.pranaya@gmail.com | M: +6285697459660

 

Silvia Kartika

Corporate Communications Manager


E: kartikasilvia@gmail.com | M: +6281232100079 

 

source: http://www.bekraf.go.id/berita/page/10/dorong-inovasi-dan-kreativitas-umkm-startup-bekraf-dukung-amvesindo-gelar-kompetisi-creative-innovation-award-2017

BERITA TERBARU
September 19, 2017
November 14, 2018
November 29, 2017