November 29, 2017 | 652 views

Inovasi Kunci Sustainable


 

 

SIAR.Com, Jakarta — Di tengah kecenderungan daya beli yang menurun di beberapa sektor, pelaku usaha dituntut untuk terus melakukan inovasi agar dapat survive dan bisnisnya berkelanjutan (sustainable).

Menurut Ketua Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (AMVESINDO) Jefri R Sirait (dari Astra Ventura),  saat ini terdapat kecenderungan daya beli yang menurun di beberapa sektor.  “Hal ini harus diantisipasi oleh pelaku usaha untuk dapat bertahan dan sustainable dengan terus memberikan inovasi kepada konsumen,” katanya saat acara Creative Innovation Award 2017 yang bertema Inovasi dan Kreativitas: Kunci Sukses dalam Mendapatkan Akses Permodalan, Selasa (28/11) di Hotel Borobudur, Jakarta.

Sementara itu Ketua Pelaksana dan Ketua Kompartemen Perusahaan Modal Ventura Daerah (PMVD) AMVESINDO, Energy mengatakan, acara Creative Innovation Award 2017 yang didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) ini adalah penghargaan untuk para pelaku usaha yang berhasil menjalankan inovasi dan kreativitas melalui pendampingan dari Perusahaan Modal Ventura (PMV) maupun bagi pengusaha rintisan (startup) yang berhasil memberikan dampak positif secara langsung kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui inovasinya.

Energy menjelaskan, menurut Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) dan Bank Indonesia, setidaknya terdapat 56,64 juta UMKM pada tahun 2015 dan kini telah mengalami peningkatan sebesar 3.1% berdasarkan data Kementrian Koperasi dan UMKM. Jumlah UMKM yang besar tentunya memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi di tanah air.

Persoalan modal, sambungnya, masih menjadi suatu kendala bagi pelaku UMKM dan startup untuk berkreasi dan berinovasi.  Melalui Creative Innovation Award ini, Bekraf dan Amvesindo ingin menggaungkan peran PMV sehingga pelaku usaha tidak terhambat dalam mengembangkan inovasi dan kreativitas. “Selain itu, berbeda dengan bank, PMV dapat memberikan pendampingan yang memberikan kontribusi untuk pelaku usaha hal ini sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 35 Tahun 2015, dalam melakukan kegiatan usaha, PMV dapat disertai dengan melakukan pendampingan bagi para pasangan usaha atau debitur.”

Energy selaku ketua pelaksana Creative Innovation Award 2017 menyatakan penghargaan dan apresiasi kepada Bekraf selaku penggerak ekonomi kreatif nasional, bekerja bersama-sama mewujudkan Creative & Innovation Award 2017, semoga acara ini menjadi kegiatan yang berkelanjutan. “Memberikan apresiasi serta dukungan bagi UMKM/Startup binaan anggota kami yang kreatif dan inovatif adalah salah satu tugas kami, AMVESINDO sebagai wadah PMV & VC. Peran dan dukungan dari Bekraf sebagai salah satu pemangku kepentingan akan memberikan energi positif yang memotivasi teman-teman pelaku industri untuk memberikan karya yang lebih baik”.

Dalam kesempatan tersebut, Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo mengatakan,

“Bekraf mendukung acara ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap kontribusi pelaku usaha ekonomi kreatif (ekraf) UMKM maupun startup. Survei khusus ekonomi kreatif oleh BPS tahun 2016 menunjukkan kontribusi ekraf tahun 2015 sebesar 7,38% dengan ekspor produk kreatif sebesar 19,36 Miliar USD dan penyerapan tenaga kerja 15,9 juta orang. Dengan penghargaan ini diharapkan para pelaku UMKM kreatif serta startup lebih termotivasi mengembangkan bisnis dan menjadi penunjang perekonomian nasional,” ujarnya.

Kompetisi ini diikuti oleh pasangan usaha dan startup yang memiliki hasil inovasi terbaik selama dalam masa pembinaan oleh PMV (Modal Ventura) yang telah tergabung menjadi anggota Amvesindo.

Creative Innovation Award 2017 akan melakukan penjurian dalam tiga kategori dan satu kategori khusus, tiga diantaranya adalah kategori Startup Digital Terbaik, Pasangan Usaha Productive Loan / Financing Terbaik, dan Pasangan Usaha Penyertaan Saham & Obligasi Konversi Terbaik. Akan ada juga kategori khusus untuk PMV atau Venture Capital Technology yang telah mendampingi dan berperan bagi pasangan usaha (PU/Startup) dalam berkreasi dan berinovasi.  (Bekraf/JS)

 

Foto : Bekraf

 

source: http://siar.com/inovasi-kunci-sustainable/

BERITA TERBARU
November 29, 2017
September 19, 2017
August 23, 2017