Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mendukung Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (Amvesindo) menggelar Creative Innovation Award 2017 untuk pertama kalinya. Acara ini adalah penghargaan untuk para pelaku usaha yang berhasil menjalankan inovasi dan kreativitas melalui pendampingan dari Perusahaan Modal Ventura (PMV) maupun bagi pengusaha rintisan (startup) yang berhasil memberikan dampak positif secara langsung kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui inovasinya. Creative Innovation Award 2017 bertema "Inovasi dan Kreativitas: Kunci Sukses dalam Mendapatkan Akses Permodalan" diselenggarakan di Hotel Borobudur, Jakarta hari ini (28/11/2017).

Menurut Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) dan Bank Indonesia, setidaknya terdapat 56,64 juta UMKM pada 2015 dan mengalami peningkatan sebesar 3,1% berdasarkan data Kementrian Koperasi dan UMKM. Jumlah UMKM yang besar tentunya memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi di tanah air. 

Di sisi lain, terdapat kecenderungan daya beli yang menurun di beberapa sektor. Hal ini merupakan indikasi yang harus diantisipasi oleh pelaku usaha untuk dapat bertahan dan sustainable dengan terus memberikan inovasi kepada konsumen. Adalah Ketua Amvesindo, Jefri R Sirait (Astra Ventura) yang menginisiasi acara ini sebagai ajang kompetisi inovasi yang berkelanjutan bagi lebih dari 1,5 juta pasangan usaha dan startup untuk terus berprestasi sehingga berhasil meningkatkan kelas (phase) ataupun series mereka. 

Sinergi antara Bekraf dan Amvesindo merupakan wujud dukungan dan komitmen instansi pemerintah dan asosiasi untuk terus mendorong pertumbuhan UMKM dan startup agar berinovasi secara kontinu. 

"Bekraf mendukung acara ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap kontribusi pelaku usaha ekonomi kreatif (ekraf) UMKM maupun startup. Survei khusus ekonomi kreatif oleh BPS tahun 2016 menunjukkan kontribusi ekraf tahun 2015 sebesar 7,38% dengan ekspor produk kreatif sebesar USD19,36 miliar dan penyerapan tenaga kerja 15,9 juta orang. Dengan penghargaan ini diharapkan para pelaku UMKM kreatif serta startup lebih termotivasi mengembangkan bisnis dan menjadi penunjang perekonomian nasional," ungkap Deputi Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo. 

Creative Innovation Award 2017 dibuka oleh Ketua Pelaksana dan Ketua Kompartemen PMVD Amvesindo, Deputi Riset, Edukasi, dan Pengembangan Bekraf Abdur Rohim Boy Berawi memberikan sambutan pada acara ini. Keynote speakers yang diundang yaitu Deputi Menteri PPN/Kepala Bappenas Bidang Ekonomi, Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM, dan Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal-BKPM.

Pada talkshow "Inovasi dan Kreativitas: Kunci Sukses dalam Mendapatkan Akses Permodalan" hadir juga Wakil Kepala Bekraf Ricky Joseph Pesik, Ketua Komite Tetap Modal Ventura Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Uriep Budhi Prasetyo, Founder Pusat Data Bisnis Indonesia Christianto Wibisono, Co-Founder i-grow Jim Iklahoma, Founder Rocket Pizza Doddy Hidayat sebagai narasumber dengan David Manalu sebagai moderator.

 

source: https://www.wartaekonomi.co.id/read162551/bekraf-dukung-amvesindo-gelar-creative-innovation-award-2017.html

BERITA TERBARU
October 09, 2018
August 23, 2017
September 19, 2017